Wednesday, October 5, 2016

Pendakian Gunung di Sekitar Jawa Timur

Pendakian Gunung di Sekitar Jawa Timur - Jawa Timur adalah suatu surga bagi para pendaki, di mana beragam gunung tinggi dgn pemandangan indah ada di sini. Yang paling populer pastinya gunung bromo juga sebagai kiblat fotografi alam & gunung semeru sbg gunung paling atas di Pulau Jawa. Namun dikarenakan gunung Bromo terlampaui bertajuk wisata alam yg tidak butuh bersusah payah buat mendaki mencapai keindahannya, awak tidak memasukkan gunung ini ke dalam list gunung yg mesti anda daki di Jawa Timur.


Beruntunglah mereka yg terlahir & hidup di tanah Jawa, lebih-lebih berada serasi di bidang timur pulau ini. Beraneka gunung bersama karakteristik & keindahan tersendiri ada di wilayah ini. Para pendaki daerah ini tidak butuh berjauh-jauh buat mencari gunung tinggi, menantang, sekaligus indah buat di daki, sebab seluruhnya kriteria tersebut ada di gunung-gunung yg bertebaran di wilayah Jawa Timur.

Nah bagi kalian yg tak bertempat tinggal di wilayah ini, & belum mengenal bermacam macam gunung yg serasi buat di daki di wilayah ini, aku dapat memberikan sedikit kabar tentang sekian banyak gunung di jawa timur buat pendakian. Gunung apa saja yg pantas utk destinasi adventure kamu berikutnya? serentak saja teliti daftarnya di bawah ini.

1. Gunung Semeru
Siapa tidak kenal bersama gunung yg satu ini, keindahannya sudah menyebar ke seantero negara sbg buah bibir yg menarik tidak sedikit pendaki utk menjamah kecantikan pemandangan gunung ini, kegagahan puncaknya yg melegenda sudah memicu adrenalin tidak sedikit pendaki buat merasakan tiap-tiap tantangan yg tersaji di gunung ini, ya ia ialah gunung paling atas Pulau Jawa, Semeru.
Gunung aktif setinggi 3.676 mdpl ini semakin meledak popularitasnya semenjak sekian banyak thn silam satu buah film bertopik pendakian gunung demikian booming di tengah warga Indonesia, tidak heran sekarang Gunung Semeru jadi salah satu maksud pujaan nyaris tiap-tiap pendaki Indonesia & bahkan mancanegara. Semeru tentunya jadi mimpi bagi para pendaki yg belum sempat menjejakkan kakinya di gunung ini, & jadi lokasi yg dirindukan oleh mereka yg sudah sempat mendarat di puncak teratas gunung ini.


2. Gunung Arjuno
Gunung Arjuno terletak di kota Malang & letaknya bersebelahan atau boleh dinamakan menempel bersama gunung Welirang, maka gunung ini tidak jarang dipanggi Arjuno Welirang. Tingginya yg mencapai angka 3.339 mdpl menciptakan Arjuno berada di urutan ke-4 dalam list gunung paling atas di Pulau Jawa. Arjuno jadi salah satu destinasi gunung yg menarik buat di daki di Jawa Timur, di gunung ini tidak sedikit terdapat arca-arca peninggalan histori, lantaran gunung ini memang lah mempunyai peranan yg lumayan utama dalam dunia kerajaan-kerajaan jaman dahulu.

3. Gunung Raung
Raung ternama dgn puncak sejatinya yg amat susah buat ditaklukkan. Perlu keberanian tinggi, peralatan safety komplit, pun skill panjat tebing buat sanggup mencapai puncak sejati gunung ini. Raung rasanya teramat sesuai buat menjadi maksud mendaki anda yg tergila-gila kepada adventure penuh tantangan sekaligus memacu adrenalin.

Gunung setinggi 3.344 mdpl ini pun punyai kawah lebar yg amat sangat megah. Raung terletak di Kab Bondowoso, dgn tidak sedikit jurusan yg sanggup dilalui, diantaranya trayek Kalibaru & Sumber Waringin.

4. Gunung Lawu
Jawa Timur benar-benar dipenuhi gunung-gunung bagus & megah yg sayang buat anda lewatkan dari list maksud mendaki anda. Gunung lain yg miliki pemandangan indah & miliki keunikan tersendiri yaitu Gunung Lawu yg terletak di perbatasan Jawa Tengah & Jawa Timur. Lawu yg setinggi 3.265 mdpl populer dgn mitos-mitos dunia gaibnya. Disamping itu, tidak sedikit spot-spot menarik yg mampu anda nikmati di sepanjang perjalanan menuju puncak gunung ini.

5. Gunung Argopuro
Kalo ingin ke sini, siap-siap saja menghadapi perjalanan nomor satu panjang yg amat melelahkan jiwa & raga. Ya, Gunung Argopuro populer sbg gunung dgn trek terpanjang se-Jawa. Gunung ini benar-benar tidak tinggi-tinggi sangat, puncaknya pula tidak terlampaui istimewa, tapi miliki savana-savana indah & danau taman hidup yg siap memanjakan mata.

Argopuro miliki ketinggian puncak setinggi 3.088 mdpl, lokasinya berada di kabupaten Probolinggo Jawa Timur. Argopuro serta dikenal sbg gunung yg amat angker bersama legenda Dewi Rengganisnya.

6. Gunung Butak
Gunung Butak berdekatan dgn Gunung Kawi yg ternama juga sebagai ruangan idola pesugihan. Informasi menyangkut gunung yg satu ini masihlah teramat terbatas, dikarenakan benar-benar gunung ini tetap kalah tenar di bandingkan gunung-gunung tinggi di wilayah Jawa Timur seperti yg sudah di bahas di atas. Tapi janganlah salah, Gunung Butak yg setinggi 2.868 mdpl ini miliki savana yg amat sangat indah tersembunyi di dalamnya. Selain itu, dari gunung ini anda pula mampu menyaksikan pemandangan keindahan gunung Arjuno Welirang.

7. Gunung Ijen
Terletak di Banyuwangi Jawa Timur, Gunung Ijen ternama bersama kawahnya yg indah & punyai fenomena unik membuahkan api biru atau blue fire yg tidak sedikit disukai oleh para fotografer alam bebas. Fenomena blue fire sendiri cuma sanggup dijumpai di 2 ruang saja di dunia, adalah di Alaska & Ijen, tidak heran Ijen jadi salah satu gunung special yg tidak sedikit dikunjungi wisatawan baik domestik ataupun mancanegara. Gunung ini punyak kawah luas mirip danau dgn kedalaman mencapai 200 meter.

8. Gunung Liman
Gunung Liman terletak di Pegunungan Wilis yg berada di tenggara dari Kota Madiun, tepatnya berada di antara Ponorogo & Nganjuk Jawa Timur. Gunung ini memang lah tidak terlampaui ternama di kalangan pendaki Nusantara, tapi mempunyai tantangan tersendiri sebab akses yg lumayan susah & medan yg tetap lumayan liar.

9. Gunung Lemongan
Lemongan adalah sektor dari group Pegunungan Iyang, yg terletak di wilayah 2 kabupaten, yaitu Lumajang & Probolinggo. Gunung Lemongan memang lah tidak terlampaui tinggi, puncak tertingginya yaitu Tarub cuma setinggi 1.651 mdpl. Namun gunung ini punyak pemandangan indah dgn tidak sedikit danau yg sanggup anda jenguk. Gunung ini amat serasi buat dijadikan maksud mendaki akhir minggu kamu.

10. Gunung Penanggungan

Satu lagi gunung mungil tapi special yg ada diantara 2 kabupaten di Jawa Timur, adalah Mojokerto & Pasuruan. Gunung menawan ini tidak jarang dinamakan sbg miniatur Gunung Semeru, sebab karakteristik puncaknya yg amat serupa dgn Mahameru. Selain mempunyai pemandangan alam yg indah, menurut narasi & catatan histori, gunung ini adalah salah satu gunung yg mempunyai peranan utama kepada era kerajaan-kerajaan Jawa dulu kala.

Di gunung ini tidak sedikit ditemukan situs-situs peristiwa berupa candi-candi & ruangan pertapaan, yg menandakan betapa gunung ini yakni salah satu gunung terpenting kepada musim keemasan kerajaan kuno dulu diwaktu. Bagi anda pendaki yg serta senang dgn bangunan-bangunan kuno bersejarah, Penanggungan amat sangat wajib buat anda masukan ke dalam destinasi perjalananmu berikutnya.

***

Itulah tadi sedikit berita tentang list gunung di Jawa Timur yg tepat buat maksud mendakimu. Mohon maaf kalau ada kesalahan kata & info, silakan menuliskan kritik & penambahan di kolom komentar. Selalu ingat aturan utama pendakian, senantiasa persiapkan diri dgn baik, & senantiasa utamakan keselamatan diri dalam laksanakan pendakian. Semoga berguna, Salam daim!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pendakian Gunung di Sekitar Jawa Timur